Diposting oleh
GOOD EXPERIENCEon Rabu, 30 Juni 2010
di
10.57
Sepeda adalah benda transportasi yang sederhana, tanpa motor sehingga di Indonesia dikenal sebagai kereta angin. Dari bangun sepeda inilah yang akhirnya dibuat sepeda motor. nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Prancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamaivelocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.
Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa engkol, pedal tongkat kemudi (setang). Ada juga yang bilang sudah mengenal engkol dan setang, tapi konstruksinya dari kayu.
Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.
Baru pada 1839, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan "mesin" khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah "berani" menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).
Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Prancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Prancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang).
Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, denganAmerikadanEropasebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkanmobildansepeda motor, sepeda tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.
Diposting oleh
GOOD EXPERIENCEon Selasa, 29 Juni 2010
di
12.23
Kerataapi "CIREBONEKSPRESS"
Tujuan : Jakarta - Cirebon
KeretaapiCirebonEkspresdiluncurkanpadatanggal 29 November 1989. ProdukinididesainuntukmelayanipemerjalankoridorCirebon - Jakarta. Perjalanansejauh 219 km ditempuhdalamwaktu 3 jam danhanyaberhentidiStasiunJatibarangdanStasiunHaurgeulis.
KACirebonEkspresmenawarkanlayanankelasbisnisdaneksekutifdenganalternatifjadwalperjalanansebanyak 4 (empat) keretaapi per haridariarahCirebon - Gambirdansebaliknya.
Sejak 25 Juli 2007, saturangkaianCirebonEkspresdiperpanjangrutenyasampaiBrebes.
Mulaitahun 2009 keretaapicirebon express ini yang biasamelayanicirebonjakarta pp, sekarangdilanjutkanhinggasampaistasiuntegal. dari 5 kalijadwalkacirebon express hanya 2 kaliperjalanandaritegalataupundarijakarta.
JADWALKACIREBON EXPRESS BerangkatTegalPukul 06:00 WibdanTibadi Jakarta GambirPukul 10:36 WibBerangkat Jakarta GambirPukul 11:00 WibdanTibadiTegalPukul 15:47 WibBerangkatTegalPukul 16:50 WibdanTibadi Jakarta GambirHingga Jakarta KotaPukul 20:40 WibBerangkat Jakarta GambirPukul 18:30 WibdanTibadiTegalPukul 23:15 Wib
Keretainidiluncurkanperdanapadatanggal 12 April 2007 pukul 14.00 denganloko CC20335.Rangkaiankereta yang digunakanKA Argo JatiadalahEks. KA Argo Gede Jakarta yang dihapustrayeknya. JadwalkeberangkatanKA Argo Jatiadalah: KA 27 Dari Cirebonpukul 05.45 dantibadiGambirpukul 08.32. BerangkatlagidariGambirdenganKA 28 pukul 09.00 dantibadiCirebonpukul 11.42. BerangkatlagidenganKA 29 pukul 14.00 dantibadiGambirpukul 16.48. BerangkatlagidenganKA 30 pukul 17.10 dantibadiCirebonpukul 19.58.
Keretaapi "ARGO PARAHYANGAN"
Tujuan : Jakarta - Bandung
Kereta yang menggantikanKAParahyangandanKA Argo GedeinimelakukanperjalananpertamadariStasiun Bandung menujuStasiunGambirpada 05.30 WIB.
"PerjalananpertamaKA Argo Parahyanganterdiridariempatkeretaeksekutif, duabisnis, dansatukeretamakan," ujarKepalaHumasDaerahOperasi II Bandung, BambangSetyaPrayitno. Ia menambahkanKA Argo Parahyanganmelayanitujuhjadwalperjalananreguler.
KhususuntukhariSenin, terdapatduajadwalperjalananfakultatifsetiappukul 04.00 WIBdan 08.45 WIB. Inidimaksudkanuntukmengantisipasiledakanpenumpang yang biasaterjadi.
TarifKA Argo Parahyanganberagam, antara lain kelaseksekutifuntukSelasahinggaKamissenilaiRp 50 ribudanuntukakhirpekansertaharilibursebesarRp 65 ribu. SementaratarifkelasbisnistidakberubahyaituRp 30 ribu.
PT KAI menutupKAParahyangandanKA Argo gedeakibatkerugiansekitarRp 32 miliarsetiaptahun. Inidikarenakanbanyaknyapenumpang yang mulaiberalihmenggunakanjalurtolPurbaleunyi
Keretaapi "ARGO BROMOANGGREK"Tujuan : Jakarta - Surabaya (PS Turi)
Keretaapiinimulaidioperasikanpadatanggal 24 September 1997. Produkinimerupakanpengembangan (merekderivatif) dariKA Argo BromoAnggrekJS-950 yang diresmikanpertamakaliperjalanannyaolehPresiden RI padatanggal 31 Juli 1995 menandaiHariTeknologiNasional, 12 Agustus 1995.
NamaBromodiambildarinamasalahsatugunung yang beradadikawasanTamanNasionalBromoTenggerSemeru, Jawa Timur. Panorama wisataGunungBromo yang memilikiketinggian 2.392 m iniselainmenyimpanmakna ritual kulturaldanreligiusjugamenyajikankeindahankawahdankeasrianalamlingkungannya yang membuatkawasanGunungBromomenjadisangatterkenaldanmenjadisalahsatutujuanwisatautamaturisdomestikmaupunmancanegara. SebutanAnggrekdigunakanuntukmenandaiadanyaderivatifmerekdariproduksebelumnya, sehinggawarnaeksteriorkeretatersebutdisesuaikandenganpanduanwarnasetangkaibungaanggrek.
PerjalananGambir - Surabaya Pasarturisejauh 725 km melaluilintasUtaraditempuhdalamwaktukurangdari 10 jam. KA Argo BromoAnggrekdengankapasitas 400 kursiterdiriatas 8 rangkaiankeretakelaseksekutifdandalamperjalanannyahanyaberhentidiJatinegara (arahGambir), Cirebon, Pekalongandan Semarang Tawang, Keretaapiinibiasanyadinasditariklokomotif CC203.
KA Argo BromoAnggrekmenyediakansarananhiburanselamadalamperjalananberupatayangan audio/video show (Show On Rail). Selainsarananhiburanpenumpangdapatjugamemesanmakanandanminumansesuaidengan menu pilihan yang disediakandanbisadinikmatibaikditempatdudukmasing-masingmaupundikeretarestorasi.
Keretaapi "ARGO WILIS"
Tujuan : Bandung - Surabaya Keretaapi Argo Wilisdioperasikanpertamakalinyapadatanggal 8 November 1998. Perjalanansejauh 699 km ditempuhdalamwaktu 11 jam danselamadalamperjalananhanyaberhentidiStasiunCipeundeuy (berhentiluarbiasa), Tasikmalaya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, danKertosono. Keretaapiinimerupakansalahsatulayananeksekutifunggulan yang menghubungkanantaraKota Bandung denganKota Surabaya.
Kata Argo digunakansebagai brand image layanankeretaapieksekutif. Kata WilisdiambildarinamaGunungWilis yang memilikiketinggian 2.169 m daripermukaanlautdanmerupakantataranpegunungan yang panjangdenganpuncaktertingginyaberadadikawasanBajulanNganjuk, Jawa Timur.
KA Argo Wilisdengankapasitasangkut 200 seat (13 rangkaiankeretakelaseksekutif) menawarkanalternatifperjalananpadasianghari yang memungkinkanperjalananmenikmatiindahnya panorama pengunungandiBumiParahyangan, Banyumas, Kali Serayudan Kali Progo
Keretaapi "Gajayana"
Tujuan : Jakarta - Malang
KeretaapiGajayanadiresmikanpengoperasiannyapadatanggal 28 Oktober 1999. Sempatdirangkaikandengankelasbisnispadaawalpengoperasiannya.
Perjalanansejauh 907 km ditempuhdalamwaktusekitar 14 jam 30 menitdanhanyaberhentidiStasiunBlitar, Tulungagung, Kediri, Madiun, Solobalapan, YogyakartadanPurwokerto.
KeretaapiTaksakamulaidioperasikanpadatanggal 19 September 1999.Perjalanansejauh 517 km ditempuhdalamwaktulebihdari 7 jam.Padatanggal 17 Oktober 2001 diluncurkanKATaksaka II yang menawarkanperjalananpagiharidariYogyakartake Jakarta danpadamalamharidariarahsebaliknya, sehinggasejakituterdapatduaalternatifpilihanperjalananKATaksakapadapagidanmalamharidaristasiunYogyakarta - Gambiratausebaliknya.RangkaianKATaksakaterdiriatas 8 keretakelaseksekutifdanmemilikikapasitassebanyak 416 tempatduduk
Keretaapi "SEMBRANI"
.
Tujuan : Jakarta (PS.Senen) - Surabaya (PS.Turi)
PeluncuranperdanaKASembranidilakukanpadatanggal 1 Oktober 1995. ProdukinimerupakanpembaharuandaninovasidariKAMutiaraUtara yang sudahberoperasimendahuluinya.
Keretaapi yang memilikikapasitas 416 tempatdudukini (8 keretakelaseksekutif) menawarkanalternatifperjalananpadamalamharimelaluilintasUtaraPulauJawadenganwaktutempuhsekitar 10 jam 30 menitdanhanyaberhentidiStasiunPekalongan, Semarang Tawang, CepudanBojonegoro .